Selasa, 03 November 2015

Psikologi Manajemen

Tugas 4 - Fungsi Perencanaan dan Pengorganisasian

            Setiap perusahaan pasti memiliki kegiatan seleksi dan penempatan kerja, fungsinya yaitu tenaga kerja akan dinilai sejauh mana mereka memiliki ciri-ciri yang disyaratkan dalam kantor tersebut.
            Terdapat beberapa proses dalam seleksi dan penempatan pekerjaan. Proses pertama adalah mencari  terlebih dahulu tenaga kerja yang akan melamar, menyebarkan info lowongan pekerjaan di media sosial, Koran, majalah, dll. Lalu proses kedua, yaitu:
1.Seleksi surat lamaran : tahap di mana calon karyawan yang sudah mengumpulkan berkas persyaratan diseleksi lagi.
2. Wawancara awal : menanyakan dasar dasar yang ditanyakan sama kepada semua karyawan, seperti motivasi dia kenapa ingin melamar kerja di perusahaan tersebut
3. Ujian, psikotes, wawancara : tahap di mana karyawan melakukan ujian untuk melihat kemampuan akademiknya, tes psikologi. Wawancara disini langsung oleh atasan yang ditanya tentang pengetahuan karyawan dalam dunia kerja seperti kemampuan akademisnya.
4. Penilaian akhir : tahap di mana seluruh hasil seleksi dinilai dan dicek kembali
5. Pemberitahuan dan wawancara akhir : tahap calon karyawan diberitahu lulus atau tidaknya dan jika lulus diwawancara untuk menentukan masalah gaji, gaji yang cocok sesuai jabatan yang dia dapat.
6. Penerimaan : tahap di mana calon karyawan telah resmi menjadi karyawan.

·         Perbedaan Pelatihan dan Pengembangan adalah:
Pelatihan adalah rancangan yang diberikan perusahaan agar karyawannya mendapatkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kinerja dan keahliaannya dalam bekerja. Sedangkan pengembangan adalah merupakan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan individu dan mempersiapkan individu untuk memikul tangung jawab yang berbeda atau lebih tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan mutu, meningkatkan ketetapan dalam perencanaan SDM, meningkatkan semangat bekerja, menarik dan menahan tenaga kerja, menjaga kesehatan dan keselamatan kerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar