Senin, 09 Januari 2017

Analisis Paper Sistem Informasi Psikologi



Paper Sistem Informasi Psikologi


                                                                                                                   
Analisis Paper
a.    Rangkuman Isi Paper
     Paper yang kami analisis adalah jurnal psikologi yang membahas tentang hubungan kecanduan chatting dengan prokrastinasi akademik. Prokrastinasi dalam ilmu psikologi adalah perilaku menunda-nunda pekerjaan yang diambil dari bahasa Inggris procrastination. Secara harfiah berasal dari kata “procrastinare” dalam bahasa latin yang berarti menunda sampai hari berikutnya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat korelasi positif antara kecanduan chatting di internet dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Makin tinggi kecanduan chatting, maka makin tinggi pula prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Sebaliknya, makin rendah kecanduan chatting, maka makin rendah pula prokrastinasi akademik mahasiswa.
     Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecanduan chatting dengan prokrastinasi akademik mahasiswa pada komunitas mig33 Salatiga dan Jogjakarta. Menurut subjek penelitian, melakukan chatting apalagi sampai kecanduan dapat mempengaruhi kegiatan belajar subjek peneliti. Hal ini dikarenakan saat melakukan chatting, chatter keasyikan mengobrol dengan teman chatt, selain itu terdapat beberapa fasilitas game yang tersedia di mig33 sehingga mereka enggan untuk menutup aplikasi chatt. Hal inilah yang membuat mereka melakukan chatting lebih lama dari waktu yang direncanakan sehingga tugas-tugas yang harusnya diselesaikan tepat waktu menjadi terbengkalai karena terlalu asyik chatting sehingga terjadilah prokrastinasi akademik.
     Berdasarkan pembahasan di atas, dapat diketahui bahwa makin tinggi kecanduan chatting, maka makin tinggi pula prokrastinasi akademik yang dilakukan mahasiswa. Sebaliknya, makin rendah kecanduan chatting, maka makin rendah pula prokrastinasi akademik yang dilakukan mahasiswa.

b.    Kelebihan Paper
     Dari hasil analisis kami, kelebihan dari jurnal ini adalah penjelasan tentang penelitian hubungan chatting dengan prokrastinasi akademik tersebut cukup jelas sehingga kita mudah untuk mencerna informasi yang didapat. Selain itu judul dari penelitian ini menarik dan bermanfaat karena sebagai mahasiswa tentunya chatting sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup, sehingga informasi tentang jurnal ini membuat kita untuk bisa mengelola waktu dengan baik dan disiplin dalam melaksanakan time schedule yang telah dibuat supaya tidak menjadi prokrastinator.
c.    Kekurangan Paper
     Menurut kami, kekurangan dari jurnal ini adalah kurangnya penjelasan tentang penelitian yang sudah dilakukan mengenai variabel yang sama. Sehingga membuat kesan seakan penelitian ini belum mendukung atau didukung oleh penelitian yang membahas tentang variabel yang sama.



Daftar Pustaka
Zulaicha, A & Sugiasih, I (2) Hubungan Kecanduan Chatting Dengan Prokrastinasi Akademik. Proyeksi. Vol. 4 (2), 53-62



                                                                                                                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar