Senin, 09 Januari 2017

Analisis Tes IQ



Bervi Mufardho M.
4PA11
11513714

Tes Intelegensi
       Menurut W. Stern, Intelegensi adalah kemampuan untuk mengetahui problem serta kondisi baru, kemampuan berpikir abstrak, kemampuan bekerja, kemampuan menguasai tingkah laku instinktif, dan kemampuan menerima hubungan yang kompleks.
       Sedangkan menurut Binet, intelegensi adalah kemampuan untuk menetapkan dan mempertahankan suatu tujuan, untuk mengadakan penyesuaian dalam rangka mencapai tujuan itu dan untuk bersikap kritis terhadap diri sendiri.
       Test intelegensi disusun dan dikembangkan untuk mengetahui kemampuan dasar individu secara umum. Test kecerdasan tradisional, meskipun terkadang ada yang memiliki beberapa subtest, namun sebenarnya dirancang untuk mendapatkan angka global tunggal ukuran tingkat perkembangan kognitif umum individu. Keluaran angka ini kemudian sering disebut sebagai Intellegence Quotient (IQ).

Contoh Tes Intelegensi
1. Tes Intelegensi Individual
a.       Stanford-Binet Intelligence Scale
b.      Wechsler-Bellevue Intelligence Scale (WBIS)
c.       WechslerIntelligence Scale for Children (WISC)
d.      Wechsler Adult Intelligence Scale (WAIS)
e.       Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence (WPPSI)
2. Tes Intelegensi Kelompok
a.       Printer Cunningham Primary Test
b.      The California test of Mental Matturity
c.       The Henmon-Nelson Test Mental Ability
d.      Otis-Lennon Mental Ability Test
e.       Progressive Matrices


                   Test Progressive Matrices

     Seiring berjalannya waktu, kini tes intelegensi telah berkembang dan sangat mudah untuk diakses melalui komputer dan internet. Berikut adalah contoh tes intelegensi berbasis komputer :


Analisis Tes IQ Manual dan Tes IQ Berbasis Komputer
       Menurut pandangan saya kedua jenis tes IQ tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Apabila kita membicarakan tentang kevalidan alat tes untuk mengukur IQ seseorang tentunya kita lebih memilih melakukan tes manual karena prosedur yang dilakukan dan sudah pasti teruji sehingga hasil tes bisa dipertanggungjawabkan dibandingkan berbasis komputer yang kita lakukan secara online. Namun dari segi lain, tes IQ berbasis online lebih efisien. Kita dapat mengakses kapanpun dan dimanapun kita mau dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Dibandingkan dengan tes manual yang memakan waktu lama untuk perngerjaan tes dan pastinya biaya yang lebih mahal daripada melakukan tes IQ secara online.
       Dalam hal administrasi, tentunya tes IQ manual lebih dibutuhkan ketelitian dalam pengskoringan hasil tes karena kesalahan sedikit saja dapat mengakibatkan hasil yang berbeda dengan tes yang sudah dilakukan. Disini tes IQ berbasis komputer memiliki kelebihan karena data tes akan langsung diformat menjadi hasil dengan cepat karena pemrograman pada tes berbasis komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar