Senin, 05 Oktober 2015

Psikologi Manajemen



Psikologi Manajemen adalah cabang ilmu Psikologi yang mempelajari tentang bagaimana mengelola atau mengatur sumber daya untuk memenuhi setiap kebutuhan manusia. Kaitan antara psikologi dan manajemen dalam ilmu ini adalah pada pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia). Seperti yang kita ketahui SDM adalah unsur yang paling penting dalam dunia kerja. Di lain pihak, ilmu psikologi adalah ilmu yang mampu mengintervensi manusia dalam berbagai aspek. Sehingga kedua ilmu ini sangat berguna untuk peningkatan kinerja SDM untuk perusahaan.

Fungsi dari manajemen itu sendiri terbagi menjadi 4 bagian yaitu Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, lalu yang terakhir Pengawasan.

1.        Perencanaan (Planning)
Proses ini adalah proses paling awal untuk menetapkan tujuan dan target, menggunakan strategi apa yang dipakai untuk mencapai tujuan dari suatu Organisasi.

2.        Pengorganisasian (Organizing)
Proses dimana strategi dan taktik untuk mencapai suatu tujuan dan target itu dapat bekerja dalam perencanaan yang sesuai

3.        Pengarahan (Directing)
Proses penerapan pelaksanaan program-program yang dijalankan oleh organisasi, dalam hal ini terdapat job description.

4.        Pengawasan (Controlling) 
       Yaitu kegiatan yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah di rencanakan organisasi, dan arahan yang dapat berjalan sesuai target dan dapat mencapai tujuan yang telah diharapkan organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar